Monday 7 November 2016


Pemilihan Kaca film yang baik akan bermanfaat untuk pengguna kendaraan roda empat agar nyaman dalam berkendara , fungsi utama dari kaca film adalah mengurangi cahaya matahari yang masuk sehingga tidak terlalu silau atau panas, lalu ada juga untuk menjaga privasi, meningkatkan keamanan juga sebagai fungsi kaca film.Pada tulisan kali ini untuk menambah pengetahuan kepada pengguna kendaraan roda empat mengenai jenis Kaca Film apa yang bagus untuk menahan panas dari sinar matahari agar lebih nayama dalam berkendara.


Pengertian Kaca Film
Kaca film di kendaraan berguna untuk mengurangi radiasi ultra violet, infra merah, dan panas masuk ke dalam mobil. Radiasi IM, UV dalam jangka waktu yang lama akan berbahaya untuk kesehatan kulit kita dan daya tahan interior kendaraan seperti dashboard, jok mobil dan lainnya
Ada beberapa istilah yang harus kita perhatikan antara lain
  1. Visible Ligth Transmission, yaitu kemampuan kaca film untuk meneruskan cahaya kedalam atau keluar mobil. Ini yang sering disebut dengan "kaca film nya berapa persen??". Tapi bilangan VLT terbalik dengan istilah yang sering anda dengar. 80% VLT berarti dapat meneruskan cahaya sebanyak 80%. Dengan catatan, cahaya yang masuk akan semakin terang itu bila dilihat oleh mata dari dalam kabin, bukan dari luar mobil. Contoh kaca film Masterpiece Ice Yuki 50 dengan VLT 53%. Artinya cahaya yang masuk ke dalam kabin sebesar 53%. Atau, produk 3M Crystalline 40 ber-VLT 39% yang berarti cahaya yang masuk 39%
  2. Visible Light Absorbed, adalah prosentasi dari cahaya yang dapat diserap oleh kaca film tersebut
  3. Visible Light Reflected, adalah prosentasi dari cahaya yang dapat dipantulkan oleh kaca film tersebut

  1. Infrared Rejection

    Infrared (inframerah) secara umum adalah radiasi elektomagnetik yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. “Karakternya punya efek panas tapi tidak memiliki daya tembus sebaik UV (Ultraviolet),” terang Iwan Wredha Pratama, Technical Service Engineer PT 3M Indonesia, pemegang merek kaca film 3M. Efek ke tubuh manusia akan terasa panas di kulit. 
  5. TSER

      TSER (Total Solar Energy Rejected) atau kemampuan total menolak ketiga faktor (VLT, Infra red dan           Ultra violet rejection) di atas. Tingkat kemampuannya juga ditunjukkan dalam satuan persen.



Berikut Produk Kaca Film :



1. Kaca Film 3M

Kaca film yang terkenal adalah merk 3M loh, dan kaca film 3M ini juga mempunyai banyak jenisnya yang perlu kamu ketahui loh, jenis-jenisnya antara lain: 
·           Kaca film 3M black beauty, kaca film yang sering dipakai. kaca film yang dapat menolak panas hingga 75%, oh iya tetapi setiap persentasenya beda tolak panas. 3M Black Beauty 80% menolak panas hingga 75% sedangakn 3m Black Beauty 60% menolak panas hingga 65%. sedakan kaca film 3M black Beauty 40% menolak panas mencapai 50%.  kaca film termasuk kaca film dengan harga yang murah tetapi kualitasnya yang baik.
·           Kaca film 3M crystalline ini memiliki warna hitam merah, kaca film ini dapat menolak panas sampai 99% tetapi kaca film ini hanya buat depan saja ya karena kaca film ini hanya memiliki kegelapan 20% dan 40% saja.


Catatan :
·         VLT          :  Yang berwarna biru digunakan untuk kaca depan
·         TSER        :  Total Solar Energy Rejected – Spec tolak panas KF tertinggi
·         N/A           :  Not Available tidak ada spesifikasi 




2. Solar gard
Solar Gard merupakan kaca film satu-satunya di dunia yang mendeklarasi Produk Lingkungan (EDP) loh yang secara ilmiah membuktikan dengan mulai dari pembuatan pemakaian hingga produk dimusnahkannya mempunyai dampak positif kepada lingkungan hidup.

Selain ramah lingkungan Kaca film solar gard juga dapat memberi perlindungan pada kulit loh. Para ahli kesehatan juga mengungkapkan bahwa manusia yang terpapar sinar ultraviolet yang berlebihan bisa mengalami kanker kulit, katarak sampai penurunan kekebalan tubuh. 

Solar Gard sendiri memiliki Sun Protector Factor (SPF) =285 yang artinya mampu menjaga kulit kamu selama 48 jam. Solar gard sendiri Tersedia dalam dua varian loh yaitu LX70 dan LX40, hal ini tergantung pada jenis mobilnya, dengan Harga sekitar Rp 2 jutaan.


Catatan :
·         VLT          :  Yang berwarna biru digunakan untuk kaca depan
·         TSER        :  Total Solar Energy Rejected – Spec tolak panas KF tertinggi
·         N/A           :  Not Available tidak ada spesifikasi


Daftar Harga Kaca Film 3M dan Solar Gard


Referensi :

0 comments :

Post a Comment