Latar Belakang
Motor
merupakan salah satu penemuan yang menrubah peradaban manusia. Dengan
ditemukannya motor, maka manusia dapat melakukan perjalananan yang lebih jauh
dengan waktu yang lebih singkat. Kendaraan yang ada sekarang sudah menggunakan
mesin motor yang lebih baik dan lebih kompleks dari sebelumnya sehingga
efisiensi bahan bakar dapat maksimal. Berdasarkan langkah kerja dalam proses
pembakaran, motor dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu motor 4-tak dan motor
2-tak. Perbedaan kedua tipe ini dapat dilihat dari konstruksi mesinnya, motor 4
tak mempunyai katup-katup yang berfungsi mengatur masuknya bahan baker ke dalam mesin
dan mengatur pembuangan gas sisa pembakaran. Pada motor 2 tak, terdapat saluran
pemasukan, pembuangan, dan pembilasan bahan baker yang diatur oleh piston dalam
blok silinder.
Tujuan
Untuk
mempelajari prinsip langkah kerja motor 2 tak dan 4 tak
Mesin 2 tak ini adalah, untuk memperoleh 1x usaha, dibutuhkan 1x putaran crankshaft dan
2x gerakan piston (turun & naik). Pada mesin 2 tak, konstruksi mesinnya
cukup sederhana, di mana terdapat piston, crankcase, katup masuk
berupa membran, saluran bilas, dan saluran buang. Seperti yang terlihat pada
gambar dibawah ini, kira-kira beginilah jeroan mesin 2 tak.
Langkah hisap & kompresi bersamaan
Cara kerja:
1. Langkah hisap dan langkah kompresi
Piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Membran terbuka dan campuran bahan bakar (warna hijau) masuk ke dalam crankcase dari karburator melalui saluran masuk. Sementara campuran bahan bakar yang berada di bagian atas permukaan piston (warna merah) sedang dikompresi oleh piston, siap untuk diberi percikan bunga api dari busi.
1. Langkah hisap dan langkah kompresi
Piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Membran terbuka dan campuran bahan bakar (warna hijau) masuk ke dalam crankcase dari karburator melalui saluran masuk. Sementara campuran bahan bakar yang berada di bagian atas permukaan piston (warna merah) sedang dikompresi oleh piston, siap untuk diberi percikan bunga api dari busi.
Langkah usaha, pembilasan, dan buang dalam satu proses
2. Langkah usaha, langkah pembilasan, & langkah buang.
Campuran bahan bakar telah diberikan percikan bunga api, sehingga terjadilah ledakan. Ledakan itu memaksa piston bergerak turun dari TMA ke TMB. Itulah langkah usaha. Akibat piston yang bergerak turun tadi, mengakibatkan campuran bahan bakar yang berada di dalam crankcase tertekan, sehingga menutup membran yang berada pada mulut saluran masuk. Campuran lainnya akan menuju bagian atas piston melewati saluran bilas (lihat gambar, berada pada sebelah kiri piston) untuk mendorong gas sisa pembakaran keluar. Inilah yang disebut langkah pembilasan dan langkah buang.
Campuran bahan bakar telah diberikan percikan bunga api, sehingga terjadilah ledakan. Ledakan itu memaksa piston bergerak turun dari TMA ke TMB. Itulah langkah usaha. Akibat piston yang bergerak turun tadi, mengakibatkan campuran bahan bakar yang berada di dalam crankcase tertekan, sehingga menutup membran yang berada pada mulut saluran masuk. Campuran lainnya akan menuju bagian atas piston melewati saluran bilas (lihat gambar, berada pada sebelah kiri piston) untuk mendorong gas sisa pembakaran keluar. Inilah yang disebut langkah pembilasan dan langkah buang.
Kelebihan :
1.
Menghasilkan tenaga yang lebih besar dibanding 4 tak
2. Volume
mesin tidak sebesar seperti motor 4 tak
3. Perawatan
lebih mudah
Kelemahan :
1. Mengeluarkan
asap yang menimbulkan terjadinya polusi udara.
2. Mesin
cepat panas
3. Daya tahan mesin kurang baik dibanding mesin
4 tak
Mesin 4 tak berarti untuk memperoleh 1x usaha, dibutuhkan 2x putaran poros
engkol dan 4x gerakan piston (turun-naik-turun-naik). Perbedaan konastruksi
mesin 4 tak dengan mesin 2 tak ialah:
1. Mesin 4 tak memiliki 2 katup ( katup intake dan katup exhaust, sedangkan mesin 2 tak hanya ada membran yang membuka & menutup saluran masuk. Saluran buangnya tertutup oleh badan piston ketika sedang melakukan langkah hisap & kompresi.
2. Campuran bahan bakar yang masuk pada mesin 4 tak langsung berada di bagian atas piston, sedangkan pada mesin 2 tak masuk ke dalam crankcase terlebih dahulu baru menuju bagian atas permukaan piston melalui saluran bilas.
Cara kerja:
1. Langkah hisap (intake)
Piston bergerak dari TMA ke TMB. Katup masuk terbuka, katup buang tertutup. Campuran udara & bahan bakar masuk ke dalam silinder.
2. Langkah kompresi
Piston bergerak naik dari TMB ke TMA, kedua katup (masuk dan buang) tertutup. Campuran yang berada dalam silinder dikompresikan, siap diberikan percikan bunga api.
3. Langkah usaha (combustion)
Akibat percikan bunga api dari busi, terjadilah ledakan yang membuat piston terdorong dari TMA ke TMB. Di sinilah proses tenaga akan disalurkan hingga memutarkan roda.
4. Langkah buang (exhaust)
Piston bergerak dari TMB ke TMA. Katup masuk tertutup dan katup buang terbuka. Gas sisa pembakaran akan didorong piston keluar dan dibuang melewati knalpot.
1. Langkah hisap (intake)
Piston bergerak dari TMA ke TMB. Katup masuk terbuka, katup buang tertutup. Campuran udara & bahan bakar masuk ke dalam silinder.
2. Langkah kompresi
Piston bergerak naik dari TMB ke TMA, kedua katup (masuk dan buang) tertutup. Campuran yang berada dalam silinder dikompresikan, siap diberikan percikan bunga api.
3. Langkah usaha (combustion)
Akibat percikan bunga api dari busi, terjadilah ledakan yang membuat piston terdorong dari TMA ke TMB. Di sinilah proses tenaga akan disalurkan hingga memutarkan roda.
4. Langkah buang (exhaust)
Piston bergerak dari TMB ke TMA. Katup masuk tertutup dan katup buang terbuka. Gas sisa pembakaran akan didorong piston keluar dan dibuang melewati knalpot.
Kelebihan :
1. Ramah
Lingkungan
2. Mesin
lebih kuat dibanding mesin 2 tak
3. bensin
lebih irit
Kelemahan :
1. Perawatan
mesin lebih mahal
2. respon
kurang cepat dibanding mesin 2 tak
3.
konsturksi mesin lebih kompleks dibanding mesin 2 tak
Kesimpulan :
Dari
perbedaan diantara motor 2 tak dengan motor 4 tak ternyata berdasarkan
efisiensi bahan bakar, motor 4 tak lebih unggul, karena tidak adanya bahan
bakar baru yang terbuang akibat proses pembilasan. Namun dari segi hasil
tenaga, motor 2 tak lebih unggul, karena untuk mendapat 1x usaha hanya butuh 2x
gerakan piston turun-naik, sedangkan mesin 4 tak butuh 4x gerakan piston
turun-naik-turun-naik. Dengan kata lain, 1x tenaga yang dihasilkan mesin 4 tak
sama dengan 2x tenaga mesin 2 tak, sehingga laju kendaraan dengan mesin 2 tak
lebih cepat dibanding dengan mesin 4 tak
Referensi:
https://garrsett.wordpress.com/2014/03/28/memahami-perbedaan-mesin-2-tak-dengan-4-tak/
0 comments :
Post a Comment