Sunday 16 October 2016

Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman yang sangat pesat , seiring juga perkembangan teknologi yang makin canggih yang dikembangkan terus menerus hingga mencapai titik kemaksimalan dari produk tersebut dan mungkin kita dapat mengalami kesulitan ketika memahami perbedaan mobil VVT-i dan EFI saat hendak membeli mobil. Masalahnya, ketika memilih kendaraan roda empat yang pas untuk digunakan sehari-hari anda tidak hanya harus memutuskan mengenai masalah selera gaya, desain, warna maupun harga namun juga harus mengerti mengenai jenis mobil tersebut. Nah, untuk mempermudah anda memahami perbedaan dari kedua jenis teknologi mobil tersebut anda harus memahami pengertian dari masing-masing jenis terlebih dahulu.

Tujuan
Agar masyarakat dapat mengetahui perbedaan mesin VVTI dengan EFI

A.      Mesin VVTI

Teknologi mesin VVT-i yang merupakan singkatan dari Variable Valve Timing with Intelligence merupakan salah satu jenis inovasi mesin pada mobil yang telah banyak digunakan oleh manufaktur mobil asal Jepang, sejak diluncurkan ke publik pada tahun 1966.
Hingga saat ini, teknologi VVT-i masih menjadi salah satu pilihan populer bagi mobil keluarga maupun jenis city car. Hal tersebut dikarenakan beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh mesin VVT-i yakni kemampuannya dalam menghasilkan buangan bahan bakar yang cenderung ramah lingkungan, penggunaan bahan bakar yang lebih hemat dan juga menghasilkan tenaga yang lebih optimal. Tenaga yang optimal tersebut diakibatkan oleh proses pembakaran yang cenderung lebih efektif karena didukung oleh adanya sistem katup elektronik, sehingga tenaga yang dihasilkan lebih maksimal di setiap putaran mesin.
Cara kerja mesin VVT-i sebenarnya tidak terlalu rumit, teknologi ini sangat unggul dalamvalve timing atau perhitungan waktu terbuka dan tertutupnya katup, kecepatan mesin, masuknya volume udara dan juga posisi dari akselerator dan temperatur air akan disesuaikan oleh ECU atau Electronic Control Unit. Respon koreksi yang bertujuan untuk mengoptimalkan target dari valve timing akan ditandai oleh sinyal yang diberikan oleh crankshaft atau crankshaft.

Kelebihan VVTI
1. Irit
2. Ramah Lingkungan
3. Menghasilkan tenaga yang optimal

Kelemahan VVTI
1. Tidak sembarangan Service dibengkel

B.       Mesin EFI

Dalam mobil EFI atau Electronic Fuel Injection, sistem utama dari cara kerja injeksinya dibagi dalam tiga bagian dominan yakni sistem kontrol elektronik, sistem bahan bakar dan juga sistem induksi udara.
Sebenarnya kedua teknologi mesin mobil tersebut tidak banyak berbeda, dua-duanya sama-sama menggunakan sistem injeksi yang mengandalkan kontrol elektronik yang bertujuan untuk mengoptimalkan tenaga mesin yang dihasilkan. Hanya saja, VVT-i yang muncul belakangan setelah EFI banyak disebut-sebut sebagai penyempurnaan dari teknologi EFI itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat kelemahan dalam teknologi EFI yang titik pembakarannya masih perlu pengaturan setiap beberapa waktu.
Kelebihan EFI
1. Emisi gas buang rendah
2.Daya lebih besar
3.Hemat bahan bakar

Kelemahan EFI
1.Sensitif kelistrikan
2.kurangnya tenaga ahli
3. akselerasi kurang responsif


Referensi


0 comments :

Post a Comment