Sunday 9 October 2016

Latar Belakang
Seiring berkembangnya zaman teknologi pada layar pun semakin canggih dan salah satu teknologi pada layar tersebut adalah Bravia Engine dan Super Amoled .

Tujuan
Agar para pembaca dapat mengetahui tentang teknologi pada layar Bravia Engine dan Super Amoled

A. Bravia Engine
Apa itu Bravia Engine ? Bravia Engine adalah mesin pengolah gambar yang membuat gambar menjadi enak dilihat . Mobile Bravia Engine dapat secara otomatis dapat meningkatkan kontras dan ketajaman warna.saat ini Mobile Bravia Engine sudah mencapai generasi ke dua , perbedaan generasi pertama dan kedua adalah peningkatan kualitas gambar.     
 BRAVIA adalah merek Sony digunakan untuk pasar high-definisi televisi. Nama inimerupakan akronim dari "BEST RESOLUTION AUDIO VISUAL INTEGRTED ARCHITECTURE”.Bravia menggantikan “LCD WEGA” yang digunakan untuk tv sony LCD mereka sampai musim panas 2005.  Dan baru-baru ini pada tanggal 29 Agustus 2012 yang lalu pada IFA 2012 Press Conference,Sony baru saja mengumumkan 3 handset terbarunya yaitu Sony Xperia T (LT30p), Xperia V (LT25i) dan Xperia J (ST26i/ST26a) yang sudah menggunakan teknologi Bravia Engine.

Kelebihan Mobile Bravia Engine :
1.    Tampilan jernih dan natural
2.    Gambar lebih jelas dan bening
3.    Tampilan lebih tajam
4.    Pixelnya lebih rapat sehingga tampilannya lebih tajam
5.    Tampilan multimedia semakin bagus
6.    Warna yang di hasilkan cenderung natural
7.    Contras lebih tajam


Kekurangan Mobile Bravia Engine :
1.    Harga mahal (oh NO !)
2.    Hasilnya kurang details
3.    Hanya aktif saat memutar file media
4.    Sudut penglihatannya tidak cukup bagus

B. Super Amoled

SUPER AMOLED adalah singkatan dari Active Matrix Organic Light-Emitting Diode atau sering juga disebut dengan singkatan OLED. Super AMOLED adalah teknologi yang dikembangkan oleh Samsung dan diperkenalkan pertama kali pada Mobile World Congress 2010 di Barcelona, Februari 2010 . Tidak jauh berbeda dengan pendahulunya yaitu layar elektronik berteknologi Light-Emitting Diode (LED), AMOLED ini punya kemampuan memancarkan cahaya yang kemudian ditangkap oleh lapisan film dari bahan organik. Lapisan ini biasanya terbuat dari bahan polymer yang berasal dari bahan organik. Bahan organik tersimpan dalam baris dan kolom akan membentuk matriks yang dapat menapilkan warna yang berbeda untuk masing-masing piksel.


Kelebihan Super Amoled :
1. Layar ini mampu menghasilkan tingkat kehitaman yang lebih dibandingkan yang lain, walaupun dilihat dari bawah terik matahari secara langsung, tampilan layar ini masih tampak terang dan jelas.
2. Layar AMOLED ini juga tidak membutuhkan cahaya latar.
3. Layar ini memiliki rasio kontras lebih dalam
4. Layar AMOLED mampu menyesuaikan tingkat kecerahan pada layar secara otomatis.
5. Untuk dapat dilihat oleh mata manusia tidak memerlukan sinar backlight tambahan lagi.

Kelemahannya, antaralain :
1. Cara pembuatan layar ini yang tergolong cukup rumit
2. Karena teknologi ini tergolong masih baru, jadi harga dari perangkat ini pun masih tergolong relative mahal
3. AMOLED ini mempunyai komponen harga lebih mahal daripada komponen pada layar sebelumnya, ha ini membuat para vendor berpikir untuk kedua kalinya. Itulah guys yang menjadi alasan dari beberapa teknologi, seperti Smartphone yang berbentuk tablet jarang dibekali layar AMOLED dan masih bertahan dengan layar TFT.

Kesimpulan :
Dari hasil kelebihan dan kekurangan dari Teknologi Mobile Bravia Engine dengan Super Amoled pada layar ternyata teknologi Mobile Bravia Engine lah yang paling jernih pada layarnya dimana hasil gambar dari Bravia Engine memiliki warna gambar , kontras yang sangat bagus , Berikut hasilnya :




Referensi :

5.http://developer.sonymobile.com/2012/06/21/mobile-bravia-engine-explained-video/

0 comments :

Post a Comment